Rayakan Idul Adha, Undhar Berbagi Kebaikan dengan Sembelih 13 Hewan Kurban

Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan rayakan Idul Adha dengan semangat berbagi melalui penyembelihan dan penyaluran hewan kurban, Selasa (18/6/2024). Kegiatan yang dilaksanakan bersama Yayasan Pendidikan Dharmawangsa di halaman Kampus Pascasarjana Jalan Yos Sudarso Medan ini membagikan 637 kupon daging sapi kurban.

Daging kurban selain dibagikan kepada sivitas dan warga sekitaran kampus juga dikirimkan ke masyarakat muslim di Kabupaten Karo.

Rektor Undhar, Dr H Zamakhsyari Lc MA mengatakan, berkurban menjadi salah satu rangkaian ibadah dalam Hari Raya Idul Adha. “Selain sebagai bentuk kepedulian umat manusia dengan sesamanya, berkurban juga menjadi salah satu wujud ketakwaan seorang umat muslim kepada Allah,” kata rektor

Seperti halnya dengan Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya. Maka saat itu pula ia tengah menunjukkan ketakwaannya terhadap Allah.

Menurutnya, Idul Adha merupakan momentum penting bagi umat Islam. Ada banyak hikmah yang dapat diambil dari prosesi kurban ini di antaranya dapat meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah SWT, dan berbagi kebaikan kepada sesama. Dengan dilakukannya penyembelihan hewan kurban, rektor memberikan apresiasi kepada panitia kurban yang sudah melaksanakan kegiatan rutin di kampus ini.

Sehari sebelumnya, dosen, guru, pegawai dan masyarakat sekitar bersama keluarga besar Dharmawangsa melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H di lapangan kampus yang dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Muzakkir SE. Bertindak sebagai Imam dan Khatib Dr Rahmat Hidayat MA yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Undhar Medan.