Pada awalnya sebelum menjadi Universitas Dharmawangsa, Yayasan Pendidikan Dharmawangsa mendirikan Perguruan Tinggi dalam bentuk sekolah Tinggi Ilmu sosial dan Ilmu Politik Dharmawangsa, dan sekolah Tinggi Hukum Dharmawangsa.

Pada tahun 1985 dengan No.28 tertanggal 21 Agustus 1985 dan memperoleh status TERDAFTAR dari MENDIKBUD No. 0387/1986 tertanggal 22 Mei 1986. Selanjutnya pada tahun 1990 mendirikan Sekolah Tinggi Perikanan dengan memperoleh status Terdaftar dari MENDIKBUD no. 0329/0/1990 tertanggal 05 April 1990 Sekolah Tinggi  yang  dikelola Yayasan Pendidikan Dharmawangsa kemudian berubah menjadi Universitas Dharmawangsa pada tahun 1990 dan menambah dua fakultas lagi, pada tahun 1991 yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas tarbiyah , dimana Fakultas ekonomi dengan izin operasional sesuai dengan SK Kopertis Wilayah I No.001/KOP.I/S/1991 tertanggal 08 April 1991 dan Fakultas Ekonomi ini mendapat status TERDAFTAR denagn SK Mendikbud RI No. 0379/0/1991 tertanggal 22 Juni 1991.  Fakultas Tarbiyah mendapat status TERDAFTAR dari Menteri Agama RI dengan SK No.182tahun 1991 tertanggal 12 Agustus 1991.

Universitas Dharmawangsa dalam meraih sebuah impian tidaklah mudah, memerlukan kerja keras dan kerjasama yang baik. dengan perjalanan waktu yang panjang dari tahun 1985 hingga hari ini sudah lebih seperempat abad Universitas Dharmawangsa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang tak dapat dilupakan dalam sejarah, Universitas Dharmawangsa adalah beberapa orang pendiri Yayasan Pendidikan Dharmawangsa, yaitu bapak Alm. H. Abdussalam Ibrahim, bapak Alm. Drs. H. Mansyoer Zainuddin , SH, M. Si dan bapak Drs. Umar Johan .

Salah satu yang patut dihargai dan yang tak dapat dilupakan adalah bapak Alm. Drs. H. Mansyoer Zainuddin, SH, M. Si, beliau dapat disebut sebagai " The Founding Father" Dharmawangsa University. Pengalaman yang dimilikinya dimulai sebagai guru SMA sampai pendidik mahasiswa, sebagai dosen  diberbagai Perguruan Tinggi bahkan menjadi Praktisi Hukum (Advokat), Bapak Drs. H. Mansyoer Zainuddin, SH, M.Si dalam waktu relatif singkat meningkatkan bentuk Sekolah  Tinggi menjadi Universitas. Kemudian kampus Universitas Dharmawnagsa pindah di JL. KL. Yos Sudarso No.224 Medan.

tahun 2004 Dirjen Dikti DEpdiknas berdasarkan SK No.4472/D/T/2004 memberikan izin kepada Universitas Dharmawnagsa untuk membuka Program Diploma. Pada tahun 1998 badan Kareditasi nasional telah mengevaluasi kelayakan program studi S-1 masing-masing fakultas, dan hasil penilaian kelayakan program S-1 ddari badan Akreditasi nasional dengan peringkat akreditasi "B".

Universitas Dharmawangsa telah memiliki 5 Fakultas dan 1 Program Diploma III yang terdiri dari:

 Fakultas Hukum

prodi Ilmu Hukum

Fakultas Sospol

Prodi Ilmu Adm. Negara

Prodi Ilmu Adm. Niaga/Bisnis

Konsentrasi : Akuntansi Bisnis

                           Adm. Perpajakan

Prodi Ilmu Komunikasi

Fakultas Perikanan

Prodi Budiaya Perairan

Fakultas Agama Islam

Prodi Pendidkan Islam

Fakultas Ekonomi

Prodi manajemen

Prodi Akuntansi

Program Diploma III

Program Studi manajemen Informatika (Komputer)

program Studi Akuntansi