UNDHAR Lakukan Kunjungan dan Sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Stimulus
  • Super Admin
  • 21. 02. 2020
  • 0
  • 142

Tim Dosen PKM Universitas Dharmawangsa Penerima Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020, Lakukan Kunjungan dan Sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) di MIS Al Djamiatul Washliyah Dusun I Pauh Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang , Rabu ( 19 /02/2020

Kegiatan dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al Djamiatul Washliyah Dusun I Pauh, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.

Tim dosen PKM Universitas Dharmawangsa yang terdiri dari : Suardi, SE, MM (ketua), Rani Rahim, S.Pd, M.Pd (anggota) dan Suhariyanti, S.Pd, M.Pd selaku penerima hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020 dari Kementrian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, melakukan kunjungan sekaligus sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS).

Dalam kunjungan ini tim PKM didampingi oleh Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Dharmawangsa, Dr. Emmy Syafitri, S.Pi, M.Si dan Ketua Program Studi Manajemen Universitas Dharmawangsa M.Amri Nasution, SE, M.Si.

Tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya : Kepala Desa Hamparan Perak diwakili oleh Bapak Dani Ananda, Kepala Dusun I Pauh Bapak Abu Hasan, Ketua Komite Madrasah Bapak Armansyah serta guru-guru dilingkungan madrasah.

Muhammad Yunus, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta merasa bersyukur dengan adanya Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) .k

Karena ini merupakan pertama sekali sepanjang sejarah Madrasah ini berdiri. Apalagi program ini merupakan kemitraan, dimana Universitas Dharmawangsa menjadi mitra untuk dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para siswa/i Madrasah, juga peningkatan SDM bagi guru-guru yang ada, disamping membantu sarana dan prasarana dilingkungan sekolah.

Sementara ketua tim PKM, Suardi, SE, MM menyampaikan dalam laporannya, poin-poin apa saja yang nantinya akan mereka kerjakan dan laksanakan. Pertama; tim PKM akan melakukan penimbunan halaman madrasah.

Selanjutnya, tim PKM akan membuatkan rak buku untuk perpustakaan mini madrasah.

Kemudian , akan menyiapkan modul bahan ajar sebagai media pembelajaran bagi siswa dan guru. Keempat; tim PKM akan melakukan pelatihan bagi guru-guru madrasah dalam rangka peningkatan kualitas belajar mengajar.

Rentang waktu pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) MIS Al Djamiatul Washliyah Dusun I Pauh ini berkisar 6 bulan,dimulai dari penandatangan kontrak.

Suardi selaku ketua tim PKM juga berharap kepada Pemerintah Desa Hamparan Perak untuk dapat memperhatikan lembaga pendidikan seperti MIS Al Djamiatul Wasliyah yang ada di Dusun I Pauh ini.

Pemerintah Desa Hamparan Perak dapat melanjutkan program yang telah dimulai oleh Universitas Dharmawangsa sehingga membawa manfaat yang besar bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak yang sekolah di madrasah ini.

Pada kesempatan yang sama Dr.Emmy Syafitri, S.Pi, M.Si selaku Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Dharmawangsa, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepala Madrasah, Muhammad Yunus, S.Pd.I yang telah memberikan ruang dan kesempatan kepada dosen-dosen Universitas Dharmawangsa untuk melakukan pengabdian di madrasah ini.

Ditambahkannya , tugas pengabdian kepada masyarakat merupakan rangkaian Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dijalankan oleh setiap dosen. Untuk itu kerjasama yang baik sangat diharapkan dari program kemitraan ini sehingga apa yang menjadi tujuan pengabdian ini akan tercapai.

Selanjutnya Dr.Emmy Syafitri, S.Pi, M.Si mengatakan bahwa Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) merupakan kompetisi yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia.

” Alhamdulillah, satu diantara seratus proposal yang dikirim, diumumkan sebagai pemenang penerima hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020 “tutup Dr.Emmy Syafitri, S.Pi, M.Si.

Kepala Desa Hamparan Perak dalam sambutan yang disampaikan oleh Bapak Dani Ananda mengucapkan terimakasih kepada Universitas Dharmawangsa yang telah begitu perhatian dengan dunia pendidikan khususnya di Desa Hamparan Perak.

Beliau menyikapi apa yang telah menjadi perhatian tim PKM Universitas Dharmawangsa. Dimana pihak Pemerintah Desa Hamparan Perak memberi masukan kepada Kepala MIS Al Djamiatul Wasliyah agar membuat usulan kepada Kepala Dusun I Pauh dalam rangka peningkatan sarana dan prasaran pendidikan di madrasah ini.

Selanjutnya diusulkan dalam rapat musyawarah pembangunan ditingkat dusun untuk mendapat persetujuan dari warga masyarakat Dusun I Pauh.

Kunjungan sekaligus sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) MIS Al Djamiatul Wasliyah Dusun I Pauh Kecamatan Hamparan Perak ini diakhiri foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir tepat pada pukul 12.00 WIB.(mita news))

 

Lainnya :