Undhar- Uniza tandatangani MoU dan MoA

Medan, Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan dan Universitas Sultan Zainal Abidin Kuala Trengganu (Uniza) Malaysia menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) .

Kerjasama antara kedua universitas ini khususnya dalam bidang pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, dan publikasi ilmiah.  Hal ini dikuatkan dengan kunjungan delegasi Undhar Medan ke kampus Uniza di Gong Badak, Kuala Trengganu, belum lama ini.

Dalam kunjungan itu, delegasi Undhar terdiri dari Rektor  Dr. Kusbianto SH, M. Hum, didampingi wakil Rektor Akademik Jhon Simon S. Sos, M. Si, dan Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Zamakhsyarai Hasbalah Lc, MA, disambut oleh Konselor Uniza yang diwakili Dekan fakultas Kontemporari Islam Prof. Dr. Kamarul Syukri Mat Teh.

Dalam kesempatan itu Dr. Kusbianto menekankan pentinggnya kerjasama antara kedua universitas serantau ini, mengingat hubungan Undhar dan Uniza sudah berlangsung lama. bahkan mantan Timbalan Main Konselor Uniza Prof. Dr. Razali Agus, pernah memberikan kuliah umum di Undhar, dan sebaliknya dosen undhar pun sudah beberapa kali diundang sebagai pembicara sebagai pembicara dalam seminar internasional yang diselenggarakan Uniza.

Menurut Kusbianto, di antara program kerjasama telah disepakati bersama dan akan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoA pertukaran mahasiwa antara kedua universitas. Kerjasama ini akan dimulai dengan kegiatan non akademis diantara menyambut bulan ramadhan tahun ini.

Uniza siap mengirimkan beberapa mahasiwa untuk ikut berpartisipasi dalam program safari Ramadhan yang diselenggarakan Undhar sebagai agenda rutin , setiap tahunnya.

Selain itu, kedua universits juga menyepakati program penelitian bersama khususnya menyangkut produk industri hahal, dan penerbitan publikasi ilmiah bersama, khususnya penerbitan buku ajar.  Program ini juga akan diawali dengan kesepakatan bersama mengadakan seminar internasional bertajuk " Industri Produk Halal"  yang direncanakan setelah hari raya Idul Fitri. (wsp)

Lainnya :