Undhar Tingkatkan Akreditasi

Setiap program studi di ling­kungan Universitas Dharmawangsa (Undhar) terus ditingkatkan akreditasinya. Ini agar lulusan dari universitas ini dapat diterima bekerja.

“Tantangan yang dihadapi Uni­­versitas Dharmawangsa adalah bagaimana agar lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi yang dibutuhkan di dunia usaha dan industri,” kata Rektor Undhar Dr Kusbianto SH Mhum.

Kusbianto  menuturkan, dalam melaksanakan kegiatan aka­­demik tuntutan ketentuan peraturan yang berlaku, selalu menjadi perhatian yang dapat dipertanggungjawabkan kepada stakeholders.

Legalitas Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan, katanya , sebagai pengelola Undhar sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai badan hukum penyelenggara perguruan tinggi.

Dia menyebutkan,  untuk institusi dan program studi seluruhnya sudah mendapatkan akreditasi dari BAN PT. Hal ini sesuai peraturan yang berlaku bahwa setiap institusi perguruan tinggi dan program studi harus terakreditasi.

Disebutkannya, mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi untuk yang pertama kali pada 2013, sebanyak enam orang yang telah menyelesaikan studinya turut diwisuda menjadi sarjana.

Dalam program beasiswa, Undhar juga memberikan beasiswa untuk para dosen guna meningkatkan SDM. Dikatakannya, Un­dhar memberi bantuan biaya studi lanjut ke Program Magister dan Program Doktor sumber dananya dari Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan, Kopertis Wilayah I Sumut, dan Beasiswa Program Pasca Sarjana (BPPS).

Undhar juga menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta di dalam dan luar negeri.

Disebutkannya masih ada kegiatan lain seperti di bidang kemanusiaan, kuliah umum, penerbitan jurnal ilmu-ilmu keislaman oleh Fakultas Agama Islam, dan penulisan buku oleh dosen Undhar. Kegiatan tersebut sangat siginifikan terhadap pe­ningkatan mutu Undhar.

Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakkir SE menuturkan, pihaknya selalu membenahi diri dari waktu ke waktu, melakukan inovasi dan terobosan baru untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan dengan menambah sarana dan prasarana.

“Yayasan akan memperluas kampus dan menambah ruangan belajar, tepatnya di depan kampus yang sekarang akan dibangun beberapa ruang kuliah dan perkantoran,” ujarnya.

Selain itu yayasan juga akan memberikan beasiswa dosen tetap yang melanjutkan pendidikan S2 dan S3. Yayasan juga menghidupkan atmosfir akademik dengan melengkapi laboratorium dan perpustakaan.

Menurutnya, dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana yang dimiliki universitas dan berkualitasnya tenaga pengajarnya, maka secara otomatis output lulusannya pun  akan semakin berkualitas.