Satu-satunya Di Sumatera Utara, Fakultas Perikananan, dan prodi Budidaya Perikanan Di kampus ini
  • Super Admin
  • 14. 08. 2018
  • 0
  • 244

Universitas Dharmawangsa (Undhar) yang beralamat di jalan K.L. Yos Sudarso No.224 Medan saat ini telah memiliki lima fakultas dengan 10 program studi (prodi) dan satu program diploma III dengan dua prodi.

 

Dari lima fakultas yang ada di Universitas Dharmawangsa, Fakultas Perikanan dengan Prodi Budidaya Perairan merupakan satu-satunya di Sumatera Utara.

"Ini menjadi keunggulan kami. Didirikan sejak tahun 1990, Fakultas Perikanan Prodi Budidaya Perairan itu cuma ada di Universitas Dharmawangsa," ungkap Rektor Universitas Dharmawangsa Medan Dr. Kusbianto, S.H, M.Hum kepada Tribun Medan, Senin (13/8/2018).

Kusbianto juga mengatakan bahwa setiap mahasiswa Prodi Budidaya Perairan Fakultas Perikanan Universitas Dharmawangsa selain dididik dikampus, juga diberikan pelatihan terapan dengan melibatkan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Belawan.

Program pelatihan tersebut, sambungnya, diberikan kepada mahasiswa agar setelah lulus semakin mampu mempraktikan ilmunya. Nantinya Setelah lulus, maka mahasiswa tersebut akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Belawan.

"Mahasiswa kami diberikan pelatihan dan praktik lapangan, lalu di uji, dan setelah lulus mendapatkan sertifikat kompetensi," imbuhnya.

Untuk saat ini, lanjut Kusbianto, Universitas Dharmawangsa terus berupaya melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas di bidang budidaya perikanan.

Sebagai bukti kualitas Fakultas Perikanan saat ini, kata Kusbianto, saat ini sudah ada perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Universitas Dharmawangsa. Perusahaan tersebut siap merekrut setiap lulusan dari Fakultas Perikanan prodi budidaya perikanan untuk ditempatkan di perusahaan sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Perusahaan juga sudah ada yang meminta alumni kami dari Fakultas Perikanan prodi budidaya perikanan untuk ditempatkan bekerja di perusahaan mereka," katanya.

Maka dari itu, ke depannya, pihaknya akan terus memperbanyak kerjasama-kerjasama perekrutan dengan perusahaan lain agar para lulusannya yang berkualitas dapat langsung ditempatkan untuk bekerja.

"Target ke depan, minimal lulusan kami mampu bersaing di tingkat nasional sesuai dengan visi sebagai universitas yang melahirkan lulusan berjiwa enterpreneur," tandasnya.

(Tribun-medan.com)




Lainnya :