Rektor  Kusbianto mengadakan sholat Idul  Adha 1438 H  bersama warga dan keluarga besar Undhar

Medan (1/9) Rektor Undhar  Dr. Kusbianto, SH, M. Hum  melaksanakan sholat Idul Adha tahun 1438 H bersama ratusan warga dan keluarga besar Undhar dilapangan parkir kampus.

Imam Sholat Idul Adha Yakni  Habibi  dan Khotib Prof. Dr. Syukur Kholil,  MA (Diretur Pascasarjana  UIN SU). Nampak hadir Ketua yayasan Pendidikan Dharmawangsa  H. Muzakkir, SE, serta fungsionaris undhar , pegawai dan staf , dosen dan guru  SMA  Dharmawangsa Medan.

Dalam khutbahnya Prof. Dr. Syukur Kholil,  MA, menyampaikan bahwa"Hari Raya Idul Adha ditandai dengan adanya perintahmenyembelih qurban yang sebenarnya sudah dilakukan semenjak zaman nenek moyang manusia Adam dan Hawa, tatkala Nabi Adam mengujikeimanan dan keikhlasan putera-puteranya Qabil dan Habil buatmengorbankan sebahagian rejeki yang mereka peroleh untuk kepentingan kemanusiaan. selanjutnya Perkembangan qurban dan semangat berqorban itu mulai menjadisatu sarana ubudiyah semenjak zaman Nabi Ibrahim as, ketika beliaupada suatu waktu diuji Tuhan mengorbankan sesuatu yang palingdisayangi dan dicintainya untuk berbakti memenuhi perintah Ilahi, yaitudia disuruh menyembelih anak kandungnya sendiri, Ismail, yangdilakukannya tanpa ragu-ragu sedikit pun juga. Seperti kita ketahui,karena keikhlasan dan kepatuhan Nabi Ibrahim melakukan pengorbananyang demikian besar, maka Allah Swt memperlihatkan kekuasaan Nya.

Berbakti kepadaorangtua pahalanya setara dengan berperang di jalan Allah. Karena itujangan sampai kita menyia-nyiakan dan menyakiti hati mereka. Sudahbanyak bukti terlihat betapa sengsaranya hati dan kehidupan seseorangkarena melawan orangtu. Apa pun usaha yang dilakukan oleh orang-orang yang  menyakiti perasaan orangtua tidak akan berhasil, bahkankesulitan demi kesulitan silih berganti tanpa habis-habisnya. Marilah kitamenyenangkan hati mereka, karena pada prinsipnya perasaan orangtuaitu amat sensitif dan amat halus, lebih-lebih jika usia mereka sudah lanjut(manula)' pungkasnya.

 Penyemblihan hewan qurban dilakukan kesokan hari (2/9) di lapangan parkir Undhar dengan menyembelih 11 ekor sapi yang akan dibagikan bagi warga disekitar serta abang becak yang berada  di seputaran kampus  undhar.  (dw)