FAI UNDHAR GELAR SEMINAR NASIONAL HADIRKAN KH IDRUS RAMLI

Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa (FAI UNDHAR), pada Rabu (21/2)
menggelar Seminar Nasional bertema “Ancaman Aliran Dan Pemikiran Sesat Terhadap Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, yang menghadirkan KH Idrus Ramli (Dewan Pakar ASWAJA Center, PWNU Jawa Timur) sebagai pembicara utama.
Pada sambutannya, membuka secara resmi seminar ini, Rektor Universitas DharmawangsaMedan, Dr. H. Kusbianto, SH, M.Hum mengapreasiasi penyelenggaraan seminar ini. Beliau juga sangat mendukung program Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa yang akan menyelenggarakan program pendidikan khusus dengan pengantar Bahasa Arab, dimana para mahasiswanya diasramakan dengan sistem pesantren mulai tahun ajaran yang akan datang.


Dekan FAI UNDHAR, Dr. H. Zamakhsyari Hasballah, Lc.,MA, selaku moderator seminar
menyebutkan alasan dibalik terselenggaranya seminar ini,, dimana mayoritas umat Islam di Indonesia saat ini, dari Golongan Ahlu Sunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) dihadapkan dengan ancaman dari berbagai aliran sesat yang menurut data dari MUI jumlahnya pada 2016 lebih dari 300 aliran, belum lagi yang tidak terdata diyakini jumlahnya 3000-an aliran. Sebagai pilar keutuhan NKRI, golongan ASWAJA harus memahami dengan benar bagaimana mengidentifikasi beragam aliran sesat yang mengancam keutuhan ummat.


Sebagai pembicara utama, KH. Idrus Ramli merupakan sosok yang paling sesuai untuk
membahas tema seminar, mengingat kedalaman ilmu beliau tentang beragam aliran sesat, mulai dari Syi’ah, Ahmadiyah, hingga Wahhabiyah. Beliau menjelaskan bahwa keutuhan umat Islam di bawahnaungan Ahlu Sunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) merupakan jaminan terwujudnya keutuhan NKRI. Karenanya, Keutuhan umat harus berlandaskan sabda Rasulullah, “Agama itu saling menasehati” Sahabat bertanya: “Terhadap siapa wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Terhadap Allah, Kitab- Nya, Rasul-Nya, Para Ulama – ulama umat, dan masyarakat muslim secara umum.” Sebagai As- Sawad al-A’dzham, pengikut ASWAJA, yang mengikuti dimana mayoritas para ulama memposisikandiri, maka ada jaminan bahwa umat ini akan tetap bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI.


Turut Hadir dalam Seminar ini, Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Ramli Abdul Wahid, MA. Dalam komentarnya di sesi diskusi, Beliau mengapresiasi penyelenggaraan seminar dengan tema semisal, dan menceritakan beragam problematikan yang dihadapi MUI dalam menghadang makin berkembangnya beragam aliran sesat yang ada di Sumatera
Utara. Beliau juga menghimbau para peserta tentang urgensi bermazhab bagi masyarakat awam,demi terpeliharanya keutuhan umat.


Seminar Nasional ini diikuti sekitar 350- an peserta dari berbagai kalangan, mulai dari Civitas Akademika Universitas Dharmawangsa, dan Kampus – kampus lainnya sekota Medan, dan Kabupaten kota di Sumatera Utara, unsur ulama dan cendikiawan muslim, hingga masyarakat awam. Turut hadir dalam seminar peserta undangan dari berbagai ormas Islam yang ada di Sumatera Utara.

Lainnya :