Dies Natalies Ke 29 Fakultas Perikanan Undhar
  • Super Admin
  • 26. 11. 2018
  • 0
  • 113

Sosialisasikan Gemar Makan Ikan bagi Pelajar

Medan (24/110 Dalam rangka dies natalies  ke 29 sekaligus memperingati hari ikan nasional yang jatuh pada tanggal 21 November Fakultas Perikanan, Universitas Dharmawangsa (undhar), Medan menggelar diskusi publik sekaligus sosialisasi gerakan gemar makan ikan kepada generasi muda terutama pelajar di kampus Undhar,  Jalan Yos sudarso, Sabtu(25/11). 

Dalam diskusi publik yang menghadirkan pembicara  Kepala Balai Karantina dan Pengendalian Mutu Ikan Medan Muhammad Bulian, S.pi. M. Si itu mengatakan betapa pentingnya mengkonsomsi ikan bagi generasi muda terutama para pelajar.  Hal ini mengingat ikan sebagai salah satu makanan yang banyak  mengandung zat omega tiga yang dapat meningkatkan perkembangan otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Selain itu menurutnya ikan terutama ikan air tawar merupakan makanan yang tidak mengandung zat dapat meningkatkan kolesterol , jantung atau asam urat , karena itu dia menghimbau para generasi muda khususnya pelajar untuk gemar mengkonsumsi ikan

Sementara itu Dekan Fakultas Perikanan Undhar Bambang Hendra Siswoyo, S.Pi , M.Si mengatakan selain diskusi publik pada Dies Natalis ke 29 ini Fakultas Perikanan Undhar juga dilaksanakan penandatanganan MoU dengan Balai Karantina dan pengembangan Ikan untuk melaksanakana berbagai kerja sama khusus dalam berbagai penelitian dan informasi tentang masa tingkat kadaluarsa ikan baik ekspor maupun yang berkaitan denagn penyakit ikan berita virus sehingga ditentukan layak atau tidaknya ikan tersebut di konsumsi.

Bambang mengatakan rangkaian kegiatan dies natalis kali ini pihaknya juga menggelar lomba mewarnai untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kota Medan, menggelar lomba memasak ikan bagi siswa SMA Dharmawangsa dan lomba bazar pengelolaan berbagai makanan yang terbuat dari ikan bagi mahasiswa Fakultas Perikanan Undhar. Pada kesempatan itu sekaligus pihaknya mengajak para peserta lomba untuk makan ikan bersama.

Sebelumnya rangkaian dari kegiatan dies natalis ini Fakultas Perikanan Undhar juga telah menggelar kegiatan pengabdian kepada masayarakat tentang budidaya ikan lele dan ikan nila di Desa Bulu Cina Hamparan Perak.

Bambang berharap dengan berbagai kegiatan Fakultas Perikanan Undhar terus  berkembang sehingga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terutama generasi muda dan kalangan pelajar tentang betapa besarnya manfaat mengkonsumsi ikan, mengingat ikan sebagai makanan yang banyak mengandung zat omega tiga yang banyak mengandung protein sehingga dapat merangsang pertumbuhan otak. (wsp)

Lainnya :