Sejarah Fakultas Hukum

  • Super Admin
  • 28. 12. 2017
  • 343

Dalam perjalannya sejarah  berdirinya fakultas Hukum Universitas Dharmawangsa yang sudah berusia 27 tahun, , eksistensinya dalam proses penyelenggaraan pendidikan (tinggi) berusaha keras untuk mengatasi kekurangan-kekurangannya dari tuntunan -tuntunan yang semakin tinggi didalam dinamika masyarakat maupun tuntunnan ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Sejarah berdirinya Fakultas Hukum Universitas Dharmawangsa, pada awalnya berdiri lembaga pendidikan tinggi dalam bentuk  Sekolah Tinggi Hukum dharmawangsa. Sekolah Tinggi HUkum dharmawnagsa eksis di kota Medan, berdasarkan Akte yayasan Pendidikan Dharmawangsa No.28 Tahun 1985, tanggal 21 Agustus 1985. Kemudian memperoleh status terdaftar dari Mendikbud No.0387/0/1986 tertanggal 22 Mei 1986. Kampus Sekolah Tinggi Hukum dharmawngsa pada saat itu di jalan haji Misbah Medan.

Perjalann cukup panjang Sekolah Tinggi Hukum Dharmawangsa sehingga berubah menjadi Universitas Dharmawangsa pada tahun 1990 yang disahkan melalui SK Mendikbud RI. No.0329/1990 tanggal 5 April 1990, tak dapat dilupakan dalam sejarah Universitas Dharmawangsa. beberapa orang pendiri Yayasan Pendidikan Dharmawangsa, salah satu yang patut dihargai dan tak dapat dilupakan adalah Bapak Alm. drs. h. Mansyoer Zainuddin, SH, M.Si. Beliau dapat disebut sebagai " The Founding Father" Dharmawangsa University. Pengalaman yang dimilikinya dimulai sebagai guru SMA sampai pendidik mahasiswa sebagai dosen diberbagai Perguruan Tinggi bahkan menjadi Praktisi Hukum (Advokat),  dalam waktu singkat meningkat bentuk sekolah Tinggi menjadi Universitas, kemudian kampus Universitas Dharmawangsa pindah di Jl. Kl. Yos Sudarso No.224 Medan

Fakultas Hukum Daharmawangsa salah satu fakultas di dalam lingkungna Universitas Dharmawangsa, saata ini sebagai fakultas Hukum program Studi Ilmu Hukum, dengan statsu terakreditasi predikat"B" berdasarkan keputusan badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoneisa No: 035/ BAN-PT/AK-VIV/S1/XI/2011.